Sunday, June 4, 2017

Pengertian Perusahaan dan Jenis - Jenis Perusahaan (Jasa dan Dagang)



Pengertian dan Jenis-Jenis Perusahaan

Pengertian Perusahaan

Perusahaan adalah suatu organisasi  dimana  sumber daya seperti bahan baku dan tenaga kerja diproses untuk menghasilkan barang ataupun jasa (Output) . Barang atau jasa tersebut yang kemudian dijual atau ditawarkan kepada konsumen untuk mendapatkan laba.

Jenis - Jenis Perusahaan 

Ada 3 Jenis perusahaan yang umum diketahui banyak orang yaitu perusahaan jasa, perusahaan dagang, dan perusahaan manufaktur. Dalam akuntansi, proses pencatatan  yang dilakukan oleh suatu perusahan tergantung pada jenis perusahaan tersebut. Sehingga antara perusahaan jasa, dagang , dan manufaktur memiliki proses pencatatan yang berbeda.
Berikut ini penjelasan tentang Jenis-Jenis perushaan.

Berdasarkan Operasionalnya, jenis perusahaan dibedakan menjadi 3, yaitu :

Perusahaan jasa

Perusahaan jasa adalah salah satu jenis perusahaan yang kegiatan utamanya adalah menghasilkan atau memberikan jasa bagi para konsumen. Contoh perusahaan jasa adalah Pengacara, Notaris, Bengkel, Akuntan, Dokter, dan masih banyak lagi. Pencatatan akuntansi pada perusahaan jasa 


Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang merupakan jenis perusahaan yang kegiatan operasinya adalah membeli barang dagang dari perusahaan lain dan menjual kembali barang dagang tersebut kepada konsumen tanpa mengubah bentuk nya. Dengan kata lain perusahaan ini tidak memproduksi barangnya sendiri melainkan membelinya dari perusahaan lain. Contoh perusahaan dagang adalah Toko buku, Restoran, Apotik, dll

Perusahaan Manufaktur

Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi barang mulai dari bahan mentah, kemudian memprosesnya hingga menjadi barang jadi yang kemudian siap untuk dijual kepasaran. Contoh perusahaan ini ialah pabrik.

Berdasarkan Pendiriannya, jenis perusahaan ini juga dibedakan menjadi 3, yaitu :

Perusahaan Perseorangan

Dari namanya kita bisa tau bahwa perusahaan perseorangaan ini dimiliki oleh perseorangan yaitu pemilik tunggal. Bentuk perusahaan ini relative mudah dalam pengelolaannya karena segala sesuatunya hanya dikendalikan oleh seseorang. Biayanyanya juga tidak terlalu mahal. Namun kelemahan dari perusahaan ini adalah modal pemilik yang terbatas. Hal ini membuat perusahaan sulit berkembang.

Perusahaan Persekutuan

Jenis perusahaan ini didirikan oleh dua orang atau lebih, masing masing pemiliknya akan menyetor modal masing – masing keperusahaan yang akan digunakan sebagai modal awal perusahaan persekutuan yang dibentuk. Sumber daya perusahaan ini tidak terbatas hanya pada satu orang  karena terdapat dua orang atau lebih pemilik yang bertanggung jawab menjaga kelangsungan perusahaan.Untuk penjelasan yang lebih detail, materi persekutuan akan dibahas dalam Akuntanssi keuangan Lanjutan.

Perusahaan Perseroaan

Perusahaan perseroan biasanya dikenal sebagai korporasi. Jenis perusahaan ini terbentuk berdasarkan peraturan pemerintah sebagai suatu badan hukum . Modal utama perusahaan perseroaan berasal dari saham – saham yang diterbitkan oleh perusahaan. Saham yang diterbitkan oleh perusahaan tersebut kemudian akan dijual kepada masyarakat melalui bursa efek.

Keunggulan utama perusahaan jenis ialah kemampuan modalnya yang sangat besar. Sudah kita ketahui bahwa modal perusahaan perseroaan ini berasal dari saham – saham yang dijual di bursa efek. Pembelinya pun bisa  dari pihak perorangan maupun perusahaan besar. Dengan Modal yang besar tersebut kesempatan untuk mengembangkan perusahaan akan semakin besar.

Itulah beberapa jenis perusahaan yang umumnya dikenal dalam dunia akuntansi, Sekian postingan kali ini. Mohon maaf atas kekurangnnya.

Terima kasih

4 comments:

  1. Mantap mas, sangat membantu. ditunggu postingan selanjutnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasai mas,oke mas terus pantengin aja blog nya mas:D

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CERITA CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah, hati hati teman banyak jasa pengurus yang tidak benar contoh'nya saya pernah adakan pengurusan di salah satu web ijasah di google ternyata hasil'nya saya hanya di TIPU, tapi saya'pun tetap bersabar dan alhamdulillah ternyata semua itu ada hikma'nya, dan suatu hari kemudian tak di sangka saya bertemu salah satu anggota keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0823-5240-6469, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya yang hilang mulai dari SD sampai S1 yang kemarin saya jadi korban kebakaran dan alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0823-5240-6469, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, syarat dan ketentuan cara ngurus ijasah di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. foto ukuran 4 x 6 (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 1.500.000
    • SMA = Rp. 2.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete